Rabu, 28 Juni 2017


Beberapa waktu lalu saya membeli hardisk baru untuk Laptop saya yang sudah terisi penuh.
Saya hendak memasang Windows 10 untuk Sistem Operasinya -yahh.. secara tampilan, Windows 10 terlihat menarik dan simple, juga lebih ringan, KATANYA SIIHH... 😁-
Nah, ketika proses instalasi, ada masalah..

Muncul pesan begini:
Windows cannot be installed to this disk. The Selected disk is of the GPT partition style.


OS-nya tidak bisa diinstall pada HDD, alasannya karena HDDnya bertipe GPT. lho??
Sempat bingung juga, akhirnya tanya sama Guru saya, "Coba partisinya dihapus semua" kata beliau.
Saya coba, ternyata benar. Partisinya dihapus semua. Di-delete ya, bukan cuma di-format, sehingga semua partisinya ngilang jadi Unallocated Space, kemudian proses Instalasi berjalan seperti biasa. Alhamdulillah.

Kesimpulannya, ternyata solusinya simple:

JUST DELETE ALL PARTITIONS!
Untuk kasus seperti di atas, kondisi Hardisk masih baru dan kosong (belum ada data), mudah saja untuk dikosongkan partisinya.
Tapi bagaimana dengan hardisk yang ada datanya? tentu akan hilang jika dihapus, ujung-ujungnya nambah kerjaan.. 😅

Kalau seperti itu, solusi gampangnya sih ada 2 pilihan:

a. Backup dulu datanya, -dipindahin kemana kek, ke Hardisk Eksternal misalnya.

Kalau datanya banyak, sampai ratusan GB cukup repot sih, belum lagi space untuk lokasi back up datanya, cukup gakk??

b. Hapus aja semua datanya, tapi cara yang ini tergolong EXTREME!
Bodo amat sama datanya, haha... bisa aja sih dikembalikan dengan software Recovery, wahh, gak kebayang deh.. kalau data yang terekam dalam Hardisk sampai RATUSAN GB, jauh lebih repot lagi nge-recovernya, belum lagi space untuk recovernya apakah cukup? (lho kalimat ini lagi... 😅) trus, gak semua data bisa dijamin balik dalam kondisi baik 100%, pasti ada data yang rusak, atau sama sekali tidak bisa direcover.

Karena "kepo" akhirnya saya coba cari di Google seputar instalasi OS di Hardisk bertipe GPT. Hasilnya, ada beberapa solusi yang di dapat, walaupun saya sendiri belum menguji coba, hehee..

Berikut caranya saya rangkum untuk sobat sekalian, tapi di postingan selanjutnya ya.. 😅

Post a Comment:

Designed By Blogger Templates | Templatelib & Distributed By Blogspot Templates